Pengalaman Menukar Kartu USIM dan Menggunakan Telkomsel 4G LTE

Menjajal Kecepatan Internet Telkomsel 4G LTE

Berawal dari migrasi dari Android ke iPhone 5 , akhirnya saya bisa mencicipi layanan yang di klaim sebagai layanan tercepat saat ini, 4G LTE. Sebelum munukar kartu USIM ke GraPARI, saya mencari informasi terlebih dahulu mengenai 4G LTE Telkomsel untuk iPhone 5, nah ternyata ni ya smartphone iPhone 5 itu ada 2 model. Model yang pertama adalah Model A1428 (mendukung jaringan 4G LTE di frekuensi 700MHz), dan Model A1429 (mendukung jaringan LTE di frekuensi 2.100MHz, 1800MHz, dan 850MHz).

Nah, frekuensi 4G yg ada di Indonesia adalah 900 MHz & 1800 MHz, sementara Telkomsel sendiri mendukung jaringan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz, sehingga bisa di pastikan iPhone 5 yang mendukung 4G LTE Telkomsel untuk saat ini adalah Model A1429 (Global), sementara untuk model A1428 (yang umum beredar di Indonesia) untuk saat ini belum bisa menggunakan layanan 4G LTE Telkomsel (Kalau provider lain saya nggak tau).

Jadi, buat kalian pengguna iPhone 5, sebelum kalian capek-capek ngantri di GraPARI buat nukar USIM, Pastikan iPhone 5 kalian model A1429. Cara ngeceknya sendiri cukup simple, tinggal lihat di casing bagian belakang iPhone.

Oke kita lanjut…

Sekitar jam 11 siang saya dateng ke GraPARI yang ada di lantai 3 Mall Ambassador, tapi antriannya Masya Allah, kaya orang lagi antri sembako. Saya dapet urutan antrian nomor 1036, padahal saat itu yang udah di layanin antrian nomor 1014.
USIM 4G LTE Telkomsel
Setelah nunggu sekitar 1.5 jam, akhirnya saya di layanin sama CS-nya. Yang dibutuhin untuk penukaran USIM ini cukup simple, KTP sama SIM Card lama aja, terus abis itu nanti tinggal tanda tangan aja di form yang di kasih sama CS Telkomsel, proses sih sekitar setengah jam mungkin.

“Mas, nanti tungguin sampai datanya aktif sendiri ya, kalau belum muncul juga mas pancing pakai mode pesawat”, ujar CS-nya.

Penukaran USIM kelar, waktunya balik. Tapi lha dala, ini saya pulang naik apaan coba, paket data internet masih mati karena ganti kartu, mau order Go-Jek gak bisa, mau naik taksi kok ndilalah lagi macet parah, ya udah saya pasrah aja di duduk diluar Mall sambil nungguin paket data aktif.

10 menit, 20 menit, 30 menit, 1 jam dan belum juga aktif.

Saya mulai panik, karena saya lihat udah hampir jam 3, sementara saya harus segera ke kantor. Tapi untungnya pas saya buka dompet, saya menemukan pahlawan yakni simcard Indosat saya yang saya simpen. Buru-buru deh saya ganti simcard, dan cling, kuota 0 dan pulsanya abis. Langsung saya capcus ke ATM Mandiri buat isi ulang pulsa buat beli paket data, dan akhirnya saya bisa order Go-Jek buat ke kantor.

Sampai di kantor sekitar jam 3 lebih, tapi saya lihat kok tetep aja ini data saya belum aktif, lama juga ternyata prosesnya ya, untung aja saya tadi nyimpen simcard lain di dompet, kalau enggak ya bisa jamuran saya nungguin di Ambassador.

Setelah sekian lama menunggu, tiba-tiba sekitar jam 3:21 sinyal di smartphone saya ilang total alias no service, kayaknya proses sedang berlangsung ni.
4G LTE Telkomsel

Dan taraaaa… beberapa menit kemudian sinyal nongol di sertai tanda 4G yang dari tadi saya tunggu-tunggu.

4G LTE Telkomsel

Dan ini adalah hasil uji coba kecepatan 4G Telkomsel di kantor (Gedung BRI Agro, Warung Jati Barat). Untuk download speed mencapai 24.78 Mbps, sedangkan upload speed di angka 9.75 Mbps.

UPDATE!

Mau update di lokasi lain, tepatnya di daerah Kabayoran Baru, download speed lebih manteb hingga mencapai 38.69mbps, tapi upload speed tampaknya justru turun jadi 7.17mbps, gak masalah sih buat saya, yang penting download speed kenceng.

Seorang blogger, writer, traveler dan photographer. Author MastahSEO.com, Founder Artikel.co & Co-founder Manjadda.com. Dapat dihubungi melalui mail@airul.id.

12 Komentar: Pada Menjajal Kecepatan Internet Telkomsel 4G LTE

Tinggalkan balasan:

Email Anda tidak akan kami publikasikan.